REVIEW
JOURNAL Koridor Ekonomi Sebagai Jembatan Keterkuncian Geografis : Pertumbuhan
Ekonomi Laos 2000-2010
Judul : Koridor Ekonomi Sebagai Jembatan
Keterkuncian Geografis : Pertumbuhan Ekonomi Laos 2000-2010
Link : https://e-journal.unair.ac.id/JHI/article/view/4395
Journal : Hubungan Internasional
Vol : 10, No 1
Vol : 10, No 1
Tahun : 2017
Penulisan
: Eric Wicaksono
Reviewer
: Rima Riski Nur Laila
Tanggal
: 10 Oktober
2019
Abstrak : Salah satu yang
menarik dari Negara Laos adalah kapabilitasnya dalam mempertahnkan pertumbuhan tinggi di tengah keterkuncian geografis yang
melekat. Dalam jounal ini penulis mengkaji upaya Laos dalam menghadapi hambatan
dengan melihat perjalanan Laos dan perubahan kebijakan ekonomi. Dalam penelitian
ini penulis menghadirkan kombinasi dari kebijakan ekonomi terbuka kawasan yang
dinamis, serta pengembangan koridor ekonomi integratif memiliki peran penting
dalam keberhasilan Laos untuk mempertahankan ekonomi yang relatif tinggi dalam
keterkuncian geografis.
Pendahuluan : Laos dan keterkuncian geografis, secara geografis merupakan negara landlocked
yang terletak di Asia Tenggara. Sekitar 70% dari wilayah geografis yang
terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dan sungai memotong. Laos memiliki
keterbatasan rute transportasi yang
merupakan masalah panjang yang membatasi kemampuan untuk mengatur negaranya. Keterkuncian
acap kali dipandang sebagai hambatan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Demokratik
Rakyat Laos adalah satu-satunya negara landlocked
di Asia Tenggara. Situasi geografis dan politik di Laos membatasi negara dari
interaksi dengan sistem ekonomi internasional. Secara umum, posisi geografis landlocked
dinilai sebagai posisi yang tidak menguntungkan dan mengakibatkan ekonomi Laos
tertinggal.
Pembahasan : Dalam pokok pembahasan
penulis membagi tiga pokok bahasan:
1.
Reformasi dan Geliat Menuju mertumbuhan
Ekonomi Laos
Laos adalah negara landlocked yang sebagian topografinya merupakan
pegunungan dengan sistem transportasi yang lemah. Pada akhir 1980 an terjadi peluncuran reformasi pasar
sehingga laos menunjukan catatan kuat dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini
menjadikan manfaat integarasi dengan pasar internasional belum merata di
seluruh ekonomi Laos. Integrasi pasar domestik masih rendah. Negara landlocked
seperti Laos menggantungkan diri pada negara-negara tetangga untuk akses pasar
internasional.
2. Konektivitas dan Keterbukaan: Reformasi Ekonomi Jalur Awal Menuju Pertumbuhan
Terkait upaya Laos dalam integrasi pasar secara domestik maupun
internasional, biaya transaksi menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan. Dalam
kasus Laos yang merupakan negara yang secara geografis mengalami keterkuncian
biaya transaksi merupakan Salah satu hambatan. Melalui pembangunan dan
investasi insfrastruktur transportasi Laos
berhasil untuk mengurangi salah satu poin penting dari keterkuncian
fisik yakni minimnya akses dan keterhubungan. Di bawah NEM Pemerintah Laos mengumumkan
langkah-langkah untuk mempromosikan pengembangan sektor swasta, deregulasi
harga dan produksi kontrol diberikan otonomi manajerial dan keuangan untuk
perusahaan milik negara. Reformasi yang dilaksanakan di bawah NEM sangatlah relevan untuk
pembahasan integrasi pasar. Reformasi itu bersamaan dengan AFTA dan keanggotaan
WTO telah menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kegiatan ekspor dan impor
guna meningkatkan kemungkinan perusahan Laos untuk menjadi peserta aktif di
pasar dunia. Sejak akhir 1980 an kendati reformasi ekonomi telah memperkuat
ekonomi secara signifikan, Laos masih bergantung pada pertanian. Laos mendorong
keterbukaan ekonominya melalui integrasi dengan kawasan sekitar. Selama periode
2000-2010, ekspor mencapai rata-rata
pertumbuhan ekonomi 23%. Reformasi ekonomi dari Laos adalah mekanisme bertahan
hidup sebagai negara minor di Indochina.
Melalui reformasi ekonomi pemerintah secara bertahap telah menghasilkan
kebijakan ekonomi yang mendukung pertumbuhan ekonomi.
3. Peran
Kawasan Dinamis dan Koridor Ekonomi
Sebagai negara landlocked, merupakan
sebuah prestasi tersendiri, Laos dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Keberhasilan
ini memiliki titik awal yaitu pada 1986, dengan kebijakan reformasi ekonomi
sebagai momentumnya. Pesatnya perekonomian China juga mendorong dinamika
perekonomian dimana Laos merupakan salah satu negara yang memperoleh
keuntungan. Pelaksanaan NEM oleh pemerintah Laos telah memberikan kontribusi
dalam merenggangkan kendala ekonomi melalui reformasi nilai tukar dan kebijakan
keringanan perdagangan. Keterbukaan Laos dalam proses integrasi regional
menjadi salah satu momentum pertumbuhan Laos. Dalam hal koneksivitas, kerjasama
GSM telah menyelesaikan beberapa proyek seperti membangun infrastruktur jalan yang
membuka tiga koridor ekonomi. Pembangunan infrastruktur transportasi di Laos akan membantu membuka atribut geografis yang dapat memfasilitasi sektor
lain untuk melakukan perdagangan,
investasi, pertanian dan banyak lainnya. Koridor ekonomi ini juga menyediakan
Laos sebagai mitra yang mendorong
pertumbuhan Laos. Sebagai negara landlocked, yang
menggantungkan nasib pada
infrastruktur dan hubungan dengan negara
transit, koridor ini menjadi penghubung utama penting. Koridor ekonomi sebagai
fungsi pertumbuhan berhasil menularkan efek spillover dari dinamika
positif kawasan di sekitar Laos. Peningkatan
statistik perdaganagan, pengembangan jalur
konektivitas, pengurangan tarif impor,
dibentuknya Special Economic Zone, hadirnya preferensi tarif dagang,
menjadi bukti empiris yang memperkuat upaya Laos dalam mengurangi dampak
keterkuncian geografis.
Kesimpulan : Ekonomi negara landlocked seringkali menghadapi
kendala. Laos dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di tengah
keterkuncian geografis. Secara umum, keterkuncian geografis menjadi kendala
utama di masa keterpurukan perekonomian
Laos sebelum 1986, keterkuncian ini diperparah dengn kebijakan ekonomi Laos yang bersifat perencanaan terpusat. Laos
mereformasi secara bertahap sistem
ekonominya. Peran kawasan yang dinamais menjadi salah satu determinan dalam
pertumbuhan ekonomi negara landlocked.
Dengan berada di antara negara-negara yang relatif tumbuh perekonomiannya,
secara tidak langsung memberi efek spillover bagi Laos. Melalui kerjasama
Laos memperoleh peluang utuk menjual barang melalui akses laut yang disediakan
serta mendapat kemudahan untuk mengembangkan daerah perbatasan sebagai Special Economic Zone. Kehadiran koridor ekonomi turut mempromosikan hubungan
perdaganagan, pengurangan kemiskinan, dan meningkatkan daya saing Laos
sendiri. Kombinasi dari kebijakan
ekonomi terbuka, kawasan yang dinamis, dan pengembangan koridor ekonomi
integratif, berperan penting dibalik keberhasikan Laos dalam mempertahankan
pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di tengah keterkuncian geografis.
Kelebihan : Kalimat yang digunakan oleh penulis mudah untuk dipahami oleh pembaca.
Kekurangan : - kurangnya materi yang sesuai dengan skup temporal.
- Banyak menggunakan kata asing
- Banyak menggunakan kata asing
- Materi yang ditulis penulis kurang lengkap
Review nya sudah bagus, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca,singkat padat dan jelas.
BalasHapusSaran saya mohon dikoreksi kembali penulisan kata, karena ada beberapa penulisan kata yang kurang hurufnya.
Semangat!
Terimakasih atas masukannya
HapusMenurut saya bagus. Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Akan tetapi dalam segi penulisan sebaiknya diperhatikan agar tulisan terlihat lebih rapi
BalasHapusTerimakasih, atas sarannya
HapusMenurut saya Kekurangan dalam isi jurnalnya terdapat kata yang sering diulang-ulang yaitu kata keterkuncian...
BalasHapusDan saya ingin bertanya keterkuncian Laos ini terjadi sebagaimana adanya (keniscayaan) ataukah merupakan dampak dari suatu konflik atau kejadian di masa lalu ???
Dan bagaimanakah dengan Negara Korea Utara yang bahkan mengasingkan diri dari dunia internasional, namun masih bisa eksis dan mampu mengelola negaranya sendiri tanpa bantuan pihak negara manapun ?? Dan mengapa ini tidak terjadi pada Negara Laos ???
Terima kasih
Baik, terimakasih atas masukannya kakak.
BalasHapusKeterkuncian di Laos ini disebabkan karena letak negara Laos yang berada diantara negara-negara yang memiliki perairan (laut). Situasi geografis dan politik di Laos membatasi negara dari berinteraksi dengan sistem ekonomi internasional, Posisi geografis Laos yang landlocked merupakan posisi yang tidak menguntungkan, sebab negara landlocked secara daratan tidak berbatasan langsung dengan laut sehingga tidak memiliki akses untuk mengeksplorasi sumber daya laut, dan tidak mampu menginisiasi perdagangan laut, yang mana perdagangan jalur laut memiliki kontribusi persentase besar dari perdagangan internasional.
Reformasi apa sajakah yang dilaksanakan di bawah NEM untuk pembahasan integrasi pasar yang sangat relevan?
BalasHapusBeberapa reformasi yang dilaksanakan di bawah NEM sangat relevan untuk pembahasan relevan pasar. Secara umum, dapat dirangkum menjadi enam reformasi yang relevan terhadap keterbukaan Laos antara lain;
Hapus1. liberalisasi harga, yang berupa liberalisasi secara penuh kecuali untuk beberapa harga utilitas kunci.
2. Reformasi pertanian, liberasi harga pertanian termasuk harga penghapusan monopoli negara untuk pemasaran beras.
3. reformasi perusahaan publik, peningkatan ekonomi untuk peningkatan perusahaan publik yang dipilih.
4. reformasi perdagangan, liberasi perdagangan melalui penyederhanaan kode tarif dan penghapusan sebagian pembatasan kuantitatif.
5. reformasi nilai tukar, penyatuan dari sistem nilai tukar ganda.
6. reformasi kebijakan investasi asing yang bertujuan untuk menarik meningkatnya jumlah investasi langsung.
kurangnya penjelasan kata" asing sehingga mempersulit pembaca dalam jurnal ini. Saran, jika ingin memasukkan kata asing ( inggris ) disertakan pengertianya juga yaa agar pembaca mengerti, krn tdk semua pembaca dapat mengetahui arti b. Asing tsb. Tp utk keseluruhan baikkk! Lanjutkan😊
BalasHapusTerimkasih kakak atas sarannya :)
Hapusada kata yang sedikit typo, tetapi selebihnya sudah bagus.
BalasHapusterimaksih, mohon maaf kak atas kesalahan dalam penulisan.
HapusDijelaskan bahwa dalam kondisi geografis nya sebagai wilayah yang terkepung Laos bisa mempertahankan perekonomian kemudian juga mengalami penurunan perekonomian juga, bisa di jelaskan strategi apa yang di gunakan Laos sebagai negara yang terkepung dan bisa meningkatkan ekonominya. :))
BalasHapusBagaimana kita mengetahui kalau Laos mengalami pertumbuhan yang tinggi? Parameter apa yg digunakan peneliti sehingga mengatakan di Laos terjadi pertumbuhan ekonomi yang tinggi?
BalasHapusDitunjukkan melalalui grafik perbandingan pertumbuhan GDP antara negara-negara landloked dan negara selain landlocked yang di keluarkan oleh World Bank pada tahun 2011
Hapusgeografi berpengaruh dalam
BalasHapuspertumbuhan ekonomi dan hambatan alami berupa jarak dan biaya transportasi yang
tinggi akan terus menekan tingkat pertumbuhan dan pendapatan
negara-negara landlocked. Pertayaannya apa saja tantangan dalam Upaya meningkatkan pembangunan terkait dengan keterkuncian posisi
secara geografis yang berpengaruh dalam
pertumbuhan ekonomi tersebut ??
Ada tujuh tantangan pembangunan terkait dengan keterkuncian posisi secara geografis anatara lain;(1) Jarak yang jauh dengan pelabuhan laut terdekat (2) Ketergantungan pada negara-negara transit untuk akses ke pelabuhan laut (3)keterpencilan dari pasar (4) Adanya penyebrangan perbatasan tambahan (5)Adanya biaya transportasi dan transit yang tinggi (6)infrastruktur fisik yang tidak memadai (7) Adanya kemacetan logistik dan kemacetan kelembagaan. Dari seluruh hambatan tersebut apabila dikerucutkan akan berujung pada variabel tingginya biaya transportasi yang dibebankan kepada negara-negara Landlocked
HapusKalo laos merupakan negara landlocked bagaimana laos menghadapi goncangan dan tekanan dari negara sekitarnya sendiri? Dan kalaupun laos menunjang perekonomiannya sendiri, perekonomian seperti apa yang diterapkan dinegaran laos?
BalasHapusDiatas tadi dijelaskan bahwa laos lemah pada sistem transportasinya, nah itu faktor apa yang menyebabkan sistem transportasi di laos lemah?
BalasHapusLaos lemah dalam sistem transportasi itu dikarenakan topografi wilayah Laos yang sebagian besar merupakan pegunungan dan ditambah kurangnya pembangunan sehingga menjadikan Laos memiliki keterbatasan rute transportasi yang dapat diandalkan.
HapusApa yang dimaksud dengan efek spillover?
BalasHapusEfek spillover merupakan eksternalitas yang dihasilkan dari adanya aglomerasi yang terbentuk dari beberapa kumpulan industri
HapusApa yang dimaksud dengan NEM? dan bagaimana kondisi ekonomi di Laos sebelum adanya NEM?
BalasHapusNEM(New Economic Mechanism) merupakan suatu mekanisme baru atau program reformasi ekonomi untuk memperkenalkan insentif pasar dan mendesentralisasi perusahaan ekonomi pemerintah.
HapusKeterkuncian yang dialami Laos tidak sepenuhnya bersifat fisik namun, terdapat hambatan yang bersifat administratif. kebijakan yang dilakukan Laos sebelum reformasi bersifat tertutup dan erat dengan komunis, yang mana sistem ekonominya tidak berorientasi pasar, namun perencanaan terpusat.
Langkah-langkah apa saja yang dilakukan Laos untuk mempromosikan pengembang sektor swasta di bawah NEM?
BalasHapusSecara umum, dapat dirangkum menjadi enam reformasi yang relevan terhadap keterbukaan Laos antara lain;
Hapus1. liberalisasi harga, yang berupa liberalisasi secara penuh kecuali untuk beberapa harga utilitas kunci.
2. Reformasi pertanian, liberasi harga pertanian termasuk harga penghapusan monopoli negara untuk pemasaran beras.
3. reformasi perusahaan publik, peningkatan ekonomi untuk peningkatan perusahaan publik yang dipilih.
4. reformasi perdagangan, liberasi perdagangan melalui penyederhanaan kode tarif dan penghapusan sebagian pembatasan kuantitatif.
5. reformasi nilai tukar, penyatuan dari sistem nilai tukar ganda.
6. reformasi kebijakan investasi asing yang bertujuan untuk menarik meningkatnya jumlah investasi langsung.
Dikatakan dalam jurnal anda bahwa salah satu yang menarik dari Negara Laos adalah kapabilitasnya dalam mempertahnkan pertumbuhan tinggi di tengah keterkuncian geografis yang melekat,bagaimana cara negara Laos dalam mempertahankan pertumbuhan tinggi di tengah keterkuncian geografis yang melekat?
BalasHapusSeperti yang kita ketahui, Laos merupakan negara yang tidak memiliki kenampakan alam berupa perairan sehingga jika dianalogikan terhadap hubungan ekonomi pada masa lampaui ia akan menjadi bangsa yang tertinggal. Nah pada periode yang dipaparkan di atas, dapatkah Anda menjelaskan lebih rinci apa sajalah sektor ekonomi yang digenjot oleh Pemerintah Laos dalam menyesuaikan diri terhadap globalisai dunia?
BalasHapusApakah kebijakan reformasi ekonomi yang dikategorikan berhasil ini bisa diterapkan di Indonesia ?
BalasHapusBagaimanakah usaha laos untuk mempertahnkan pertumbuhan tinggi di tengah keterkuncian geografis?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSektor kemaritiman adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan perekonomian, Laos sebagai negara yang hanya berupa daratan dengan beberapa sungai tanpa adanya laut bagaimana mereka bisa lepas dari keterpurukan dan apa saja yang dilakukan pemerintah untuk keluar dari keterkunciannya?
BalasHapusDisebutkan bahwa materi yang ditulis penulis kurang lengkap. Mungkin bisa dijelaskan apa yang perlu ditambahkan? Beserta alasannya.
BalasHapusSebagai negara landlocked, merupakan sebuah prestasi tersendiri, Laos dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Keberhasilan ini memiliki titik awal yaitu pada 1986, dengan kebijakan reformasi ekonomi sebagai momentumnya.
BalasHapusMungkin bisa dijelaskan proses kebijakan reformasi ekonomi yang dilakukan oleh laos
Proses kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh Laos, yaitu dengan cara melakukan reformasi secara bertahap guna mempercepat perpindahan model ekonomi perencanaan terpusat menjadi berbasis pasar. Selanjutnya Laos melakukan keterbukaan dan integrasi ekonomi yang dirumuskan dibawah kerangka NEM. Pada saat yang bersamaan, muncul raksasa ekonomi baru yang juga merupakan tetangga dari Laos yaitu China. Sehingga pesatnya pertumbuhan ekonomi China berhasil mendorong dinamika perekonomian kawasan,yang mana laos merupakan salah satu negara yang memperoleh keuntungan.
Hapus