Jumat, 04 Desember 2020

Revew Materi Pertemuan Ke-10

 

Nama : Rima Riski Nur Laila

NIM : 180110301008

Revew Materi Pertemuan ke 10

 

 

Sejarah merupakan suatu peristiwa yang pernah terjadi atau benar-benar jadi terjadi di masa lalu, dimana dalam sejarah tidak mengenal atau tidak ada kata “mungkin”, karena sejarah merupakan suatu kejadian yang sudah terjadi atau pasti. Dalam membuat sebuah tulisan sejarah  tidaklah dapat dilakukan dan diperoleh dari satu sumber atau satu arah saja. Akan tetapi dalam penulisan sejarah menggunakan berbagai arah yang berfungsi untuk mendapatkan hasil tulisan yang objektif. Dalam melakukan penulisan sejarah memang harus dikaitkan dengan peristiwa yang telah terjadi, kemudian dilakukan kritik sumber.

Dalam penulisan sejarah terdapat sumber tertulis yang tentunya mempunyai berbagai macam informasi di dalamnya. Seorang sejarawan yang baik akan dituntut untuk mencari informasi dengan sedetail mungkin terkait dengan peristiwa. Merekontruksi salah satu bentuk tulisan guna ditilik dan dipakai. Sumber-sunber terkadang memang agak sulit untuk dipahami. Maka mau tidak mau seorang sejarwan harus memiliki basic knowlede atau pengetahuan dasar yang berhubungan atau terkait dengan tema topik yang dibahas. Selanjutnya sumber lisan, merupakan sumber yang cukup diperhatikan dalam reka ulang sejarah berhubungan dengan tuturan seseorang yang terkait dengan peristiwa dalam kadar tertentu dan tetunya dapat dihubungkan sebagai sebuah benanng merah dari adanya suatu peristiwa yang ada di masa lalu. Sumber yang berupa tuturan ini seringkali menjadi andalan bagi para sejarawan. Terutama sejarawan di wilayah kajian yang lebih kontemporer untuk merekontruksi sebuah peristiwa.

Adapun kelemahan dari sumber ini yaitu dalam menelaah sebuah masa lalu dari tuturan seseorang diamana seseorang tersebut mempunyai kepentingan atau konteks tertentu, misalnya ketakutan, kegelisahan, dan kemarahan yang bisa mereduksi kenyataan yang ada pada masa lalu. Sejarah pedesaan itu bukan hanya tentang sejarah desa saja, akan tetapi semua aktivitas yang berada di desa,begitupula dengan sejarah perkotaan. Sama halnya seperti sejarah desa. Dimana sejarah kota juga memerlukan adanya sejarah lisan. Sejarah geografi tempat tinggal, demografi yang mungkin dapat ditemukan dalam dinas-dinas kota. Akan tetapi sejarah budaya kontemporer kota dapat dilihat melalui ingatan warga kotanya. Adanya bahan-bahan seperti koran, buku, majalah tidak dapat sepenuhnya memberi kesaksian tentang kehidupan kota yang kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKN BTV-3 KELOMPOK 01 : PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM JAJANAN RUMAHAN TERDAMPAK COVID-19 MELALUI MEDIA DIGITAL

  KKN BTV-3 KELOMPOK 01 : PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM JAJANAN RUMAHAN TERDAMPAK COVID-19 MELALUI MEDIA DIGITAL Oleh   RIMA RISKI NUR LAI...